Tuesday, April 21, 2015

Chocolate Chiffon Cake




It was my first chiffon cake. And it was my very first experiment working with egg whites and castor sugar, beat them until stiff and glossy. And yes, it was also my first time trying folding technique. I remember that I was partially success in this chocolate chiffon cake, mine was under baked so it slipped from the chiffon pan. But I still remember the wonderful smell, chocolaty flavor, beautifully dark color and the moist texture. And since then, whenever I’m longing for choco chiffon cake, this recipe is the first thing comes into my mind.

This morning I intended to make a cake to my son’s teachers, as I never seen his enthusiasm in learning Arabic before. Then I remember that I was run out of margarine nor butter, so it doesn’t take a long time for me to finally choose this choco chiffon cake, because it only need vegetable oil as the fat. So, if I may count, this morning’s choco chiffon cake is my sixth choco chiffon cake using this reliable recipe from mba Riana (thanks for sharing this mba!).

Chocolate Chiffon Cake
Original Recipe by Primarasa, modified by Riana Ambarsari

Ingredients:
25 gr cocoa powder
88 ml hot water
A pich of salt
88 g plain flour
180 caster sugar
¼ tsp baking soda
½ tsp baking powder
45 ml vegetable oil
200 gr egg whites (from 5 eggs)
5 egg yolks
½ tsp vanilla extract


the hardest part about chiffon cake isn't folding nor beating whites, 
but to take off the cake from the pan!

Instruction:
1.      Pre heat oven at 170 degree Celcius. Prepare 22 cm chiffon pan. Dissolve cocoa powder and salt in hot water, whisk until smooth, set aside.
2.      Mix together: flour, 2 tbsp of caster sugar, baking soda and baking powder, mix well. Make a hole in the center, pour vegetable oil, egg yolks, chocolate mixture and vanilla into the hole. Whisk until smooth, set aside.
3.      Beat egg whites and caster sugar with electric mixer at medium speed until soft peak
4.      Using spatula, gently fold in egg whites to flour-egg batter until well blended.
5.      Pour the batter into pan, tap the pan 2-3 timer to let out any excessive bubbles. Bake for about 50-60 minutes (do the skewer test). Take out from oven, turn the pan upside down and let it cool in the position.
6.      Run a long knife along the side of the pan. Turn the cake onto a rack. Run the knife along the bottom of the pan, take off the bottom pan. Turn the cake onto a serving plate or cake board. Garnish as you like.


Saturday, April 18, 2015

Speed Playing and Pumpkin Cake

My heart skips a beat. My brain can’t stop thinking. I am in the middle of Digital Single Lens Reflex Trance. Less than 2 weeks using DSLR but I wanted to try any kind of action I couldn’t shot when I was using handphone camera. I know I am exaggerate this, over confident while the basic rules of aperture still out of my mind, but who cares? I just wanna get some fun using this camera :D :D :D

Bought a cheap tripod days ago, and I just can’t help myself not to try The Milk Splash….

quite happy with this, although it has no concept at all :D


The Failed Strawberry Levitation…

Focus, please!


The Fall of Yolk and White…

Big homework: how to minimize the shiny stainless steel


and The Sugar Dusting..

Watched the LCD look ok, but when i transfer this into PC, holly molly, it's missed focus!



I love playing with speed and capturing moments. I don’t know whether this photograph is a part of Food Photography or not. And despite the failed, missed focus, the blurry object, the shining props which beat the hero, there’s nothing wrong in exploring things, rite?


And oh, if you wonder what did I make when I photograph myself cracked an egg, this is the answer.

Super Moist Pumpkin Cake

Short to short, I’ve been making this pumpkin cake maybe a dozen. It’s moist (thanks to 300 gr pumpkin puree versus only 175 gr flour) and so pumpkin-y! Another must try recipe for anyone whose longing for pumpkin!


Pumpkin Cake
Source: Mbak Hesti

Ingredients:
6 egg yolks
4 whites (me: 5 eggs)
200 gr castor sugar
1 tsp emulsifier (skip)
175 gr cake flour (me: plain flour)
1/2 tsp baking powder (skip)
25 gr milk powder (skip)
300 gr pumpkin puree
75 gr margarine + 75 gr butter, melted (me: 100gr margarine, 50 gr vegetable oil)

Pre heat the oven 180 Celcius. Butter the pan (I used 20 cm diameter pan and 10cm diameter mini pan).
Shift the flour, baking powder and milk powder in a bowl, set aside.
Beat the eggs, sugar and emulsifier until light and fluffy, mix in the flour mixture, followed by the pumpkin puree.
Fold in butter mixture, then pour the batter into prepared pan, bake for 35 minutes or until toothpick comes out clean.




missed focus, have to learn more about manual focus, its darn hard!



Week 2 : COOKIES


Cookies alias kue kering merupakan obyek foto yang fotogenik, karena sebagian besar bentuk kukis pasti lucu dan menggemaskan. Selain itu, kukis bukanlah makanan basah yang akan kehilangan kelembaban, memudar warnanya atau berubah bentuknya (ya kecuali kukisnya dicemplungin ke teh ya). Dengan kata lain, kukis cukup menyenangkan dan mudah untuk difoto.

Maka PR besar minggu ini adalah bagaimana mengekspos keindahan bentuk serta kerenyahan kukis yang bikin setiap orang yang melihat bisa ikut merasakan enaknya kukis tsb. 

Ada beberapa tips menarik dari diycraftphotography untuk memotrek kukis:

- paper untuk mempertegas konsep fresh from the oven, homemade dan suasana rumahan. Selain itu bila dijadikan alas, baking paper dengan permukaan yang sedikit glossy seringkali nampak bagus untuk meningkatkan kontras

- Konsep homemade bisa didapat dengan menyertakan bahan pembuat kukis seperti tepung, gula, mentega, choco chips, cookie cutter yang lucu. Bahan dan alat ini sebaiknya di taruh di belakang atau di samping sebagai elemen pendukung

- Untuk menunjukkan kerenyahan kukis, pakailah sudut pengambilan gambar dari bawah

-karena ukurannya yang kecil dan bentuknya yang eye catching, styling sederhana seperti menyusun dengan cara berbaris bisa membuat hero stand out, terutama untuk kukis dengan pinggiran unik seperti Oreo

- untuk menunjukkan kerenyahan, bisa juga dengan menggigit sedikit kukis. Remah-remah kukis di sekitar gigitan selain menambah drooling factor juga bisa mengekspos isi kukis (bila ada)

- rak kawat selalu memberi aksen lebih di FP karena susunan geometrisnya menambah aksen styling






Back to #52wfppcookies, and the winners are *drum roll*


courtesy of @mrskreszy



courtesy of @didiffaca



courtesy of @bundnina_




Saturday, April 11, 2015

Choco Banana and Black Glutinous Rice Flour Cake

Another quick post!


Been craving for chocolate cake since my hubby bought me 2 kg of chocolate powder from local chocolate factory in Blitar named Gusant (doesn't it sound like France or Belgian name?). This cake is more like steamed brownies with its moisture, and yet the best thing about this cake is the texture. The unique sandy of black glutinous rice flour really give a kick, a chocolaty banana-y with a touch of traditional. A must try recipe!


Choco Banana and Black Glutinous Rice Flour Cake


Banana and Black Glutinous Rice Flour Cake

Ingredients:
4 eggs
150 gr black glutinous rice flour
115 gr castor sugar
250 gr mashed banana
25 gr cocoa powder
110 ml vegetable oil

Directions:
Preheat the oven to 180 C.
Sift flour with cocoa powder.
Using electric beaters to beat the eggs and sugar for 8-10 minutes or until sugar dissolve and the mixture is thick and creamy. 
Fold flour into egg mixture. Do not over mix. 
Pour vegetable oil, stir until just combined.
Pour the batter into 18x18 cm pan, sprinkle with nuts if desired.
Bake for 35-40 minutes or until a skewer inserted  in the centers comes out clean. Turn our onto a wire rack to cool.
Serve warm.

Week 1: BRIGHT

Minggu pertama @52WeeksFoodPhotographyProjects mengusung tema Bright. Karena keluguan dan kemurnian hati, saya pribadi mengartikan Bright sebagai penggunaan alas dan atau background berwarna putih, tapi ternyata Bright yang dimaksud @sefafirdaus di sini adalah kualitas dan kuantitas cahaya yang cukup ke hero (obyek foto). Alas, background dan properti putih (atau warna-warna terang lain) memang dapat mengangkat efek Bright dari sang hero, tapi sah sah saja menggunakan alas dan atau background gelap asalkan hero nya stand out karena kualitas cahaya yang memadai.

Terlepas dari definisi yang diberikan @sefafirdaus, ternyata memang ada “aliran” Bright dalam dunia Food Photography. Dalam makalah yang ditulisnya bersama Anita Chu untuk BlogHer Food Conference di Seattle tahun 2012, Stephanie  menjabarkan bahwa aliran Bright and Propped ini membangkitkan suasana pedesaan dan keindahan alam dengan penggunaan cahaya yang terang namun lembut, bayangan yang minim dan menggabungkan beberapa elemen di luar makanan serta detail akan background.

Berbeda dengan foto produk yang juga memakai cahaya yang terang, aliran Bright and Propped lebih banyak menyajikan pemandangan (sebagai background) dalam foto, sehingga foto terasa lebih bercerita (bandingkan dengan foto produk sifatnya to the point, langsung menyasar ke produk).

Fotografer makanan yang berada di jalur ini diantaranya adalah Helene Dujardin (Tartelette), Aran Goyoaga (Cannelle et Vanille), Mowie Kay (Mowielicious), Bea Peltre (La Tartine Gourmande), dan Lakshmi Wennäkoski-Bielicki (Pure Vegetarian).

Secara umum, karakteristik aliran Bright and Propped:

1. cahaya lembut
2. penuh corak dan warna
3. gambar yang ringan dan menyenangkan
4. dikerjakan dengan seksama
5. full framing dengan menyertakan elemen2 background dan latar depan
6. properti yang kuno (vintage) dan rustic




Back to #52WFPP, pemenang untuk tema minggu pertama Bright adalah:

Courtesy of @sari_sheriel

courtesy of @mindoel


courtesy of @rennyasti

Monday, April 6, 2015

52 Weeks Food Photography Projects


courtesy of @Sefafirdaus

Jujur saja, saya agak terkejut (sekaligus kegirangan) waktu melihat aplod @sefafirdaus di instagram 13 minggu lalu. Saat itu dia bilang akan memulai #52WeeksFoodPhotographyProject, yakni proyek mingguan di mana peserta (warga Indonesia) dipersilahkan mengaplod 1 foto setiap minggu berdasarkan tema di minggu tersebut, dan @sefafirdaus akan memberikan masukan di setiap foto.

Sebenarnya yang membuat kaget adalah, yah she’s a professional food photographer. Maksud saya, di sela-sela waktunya (saat itu beliau sedang mengerjakan thesisnya di Jerman) bersedia meluangkan waktu untuk membagi ilmu yang dimilikinya kepada kami yang masih ingusan dalam jepret menjepret makanan. Ini langka.

Usut punya usut, setelah diinterogasi halah, beliau ngaku kalo #52WFPP ini adalah caranya untuk kembali belajar tentang Food Photography, errrr ga kebalik ya?? Yup, @sefafirdaus ingin merefresh ilmunya setelah setahun lebih vakum dari dunia FP. Dan misi kecil lainnya, beliau ingin foodie-foodie Indonesia ini memiliki dasar pengetahuan yang cukup tentang Food Photography, sehingga tidak asal jepret makanan dan diunggah ke media sosial.

Sejak minggu ke-3, 2 food blogger, stylist dan fotografer yang sudah tidak asing lagi bergabung dengan Sefa untuk jadi #52WFPPTeam, yakni @tikanilmada dan @yulyan_parwati, aduh jadi terharuuuu karena makin seruuu (salut sama para professional yang sudi meluangkan waktu untuk berbagi ilmu, semoga jadi amalan ibadah, aamiin).

Jadi, kepada siapapun kamu yang tertarik ke dunia Food Photography dan punya akun instagram, yuk bareng-bareng belajar FP dengan ikutan #52WeekFoodPhotographyProjects. Persyaratannya gampang:
  1. Follow akun @sefafirdaus, @tikanilmada dan @yulyan_parwati
  2. Unggah 1 foto setiap minggunya berdasarkan tema foto yang diumumkan setiap hari Senin
  3. Batas pengumpulan foto setiap hari Sabtu pukul 20.00
  4. Silakan memotrek dengan kamera apa saja, mau diedit apa saja, bebas asalkan sesuai tema mingguan dan foto dipotret sendiri dalam jangka waktu tema yang sedang berlangsung, jadi bukan foto lama yang ditag atau repost apalagi fotonya orang lain
  5. Beri masukan ke foto-foto peserta lain, karena di sini kita belajar bareng, dan salah satu cara efektif untuk belajar FP adalah belajar membaca foto orang lain. Merasa minder memberi masukan karena ga tau teori FP? Gampang, kasi aja masukan dengan bahasamu sendiri, menurutmu apa yang kurang dari foto tsb, terlalu gelap? Terlalu terang? Miring? Blur dan tidak fokus? Warnanya terlalu gonjreng dan bikin silau? Terlalu sepi? Terlalu berantakan? Nanti lama-lama Insya Allah mulai dapat feelnya seiring dengan nambahnya ilmu (pengalaman pribadi jadi tukang komen sok tau hahahah)
  6. Setiap hari Rabu akan diumumkan 3 pemenang (ini bukan akun bagi-bagi hadiah ya) yang dipilih ke 3 #52WFPPTeam (sssst, bangganya melebihi masuk grid akun upload-upload an loh, hihihihi)
PS. Posting #52WFPP di blog ini bukan perwakilan resmi dari #52WeeksFoodPhotographyProjects yang diprakarsai @sefafirdaus @tikanilmada @yulyan_parwati, ini adalah catatan pribadi saya selama mengikuti #52WFPP, jadi yang benar-benar jadi catatan saya adalah yang selama ini saya tangkap dan saya interpretasikan

PS 2. Foto-foto yang bukan milik saya akan selalu saya tautkan ke empunya yang punya, saya akan berusaha untuk selalu minta ijin untuk setiap foto/artikel yang saya cantumkan di blog ini

PS3. Catatan ttg Food Photography di blog ini adalah interpretasi sy, jadi sangat mungkin terdapat kesalahan, bila ada yang nemu dan mau menambah kurangi, please kasi komen ya, I’d be appreciate that


Saturday, April 4, 2015

8 Tips yang Bisa Bikin Foto Makananmu Jilatable

Note: Ini terjemahan suka-suka ya, tapi semua foto adalah punya saya (fotonya belum lengkap yeii). Kalo pusing baca terjemahan saya ini (nyengir), silakan melipir ke tautan artikel aslinya.
Note 2: ini PR dari seseorang yang enggan saya sebut namanya GGGrrrrrr...


Sesungguhnya sebuah foto makanan yang berhasil bikin kita ngences tidak dibuat dalam sedetik (apalagi pake mantra sim salabim). Ada banyak faktor yang saling mendukung dan bergantung satu sama lain, entah cahayanya, teksturnya, tampilannya, warnanya dsb. Yang jelas, bila salah satu dari faktor tersebut kehilangan fungsinya, bagai nila setitik rusak susu sebelanga, hancur sudah seluruh tampilan foto.

Klise memang, tapi seperti halnya keterampilan hidup yang lain, Food Photography (FP) mengharuskan setiap peminatnya untuk banyak latihan dan latihan. Makin sering motrek, dijamin makin tokcer fotomu!

Dari pengalaman gue sebagai food fotografer, nih gue bagi beberapa tips yang bikin elu semua bisa motrek makanan yang bikin ngiler:

1.      White Balance
2.      Kualitas dan Arah Cahaya
3.      Food Styling
4.      Properti yang kudu mendukung tampilan makanan, bukan malah mengalihkan perhatian pemirsa *CATET*
5.      Jaga Kelembabab Makanan
6.      Persiapan Matang
7.      Siapin Kamera
8.      Eksperimen Tiada Henti


1.      White Balance

Tanya kenapa WB gue taruh di daftar teratas? Sederhana, karena kalo elu milih WB yang salah, dijamin keseluruhan tampilan fotomu bakal ancur. White Balance memastikan bahwa warna foto makanan yang kita potrek sama persis dengan warna makanan aslinya. Yang bikin mumet, sumber cahaya yang berbeda memiliki suhu cahaya yang berbeda. Dan tanpa sadar, otak kita udah pinter untuk mengetahui apakah suatu foto keliatan kebiruan atau kekuningan.

Terus masalahnya di mana? Masalahnya ada di reaksi. Ingat, tujuan FP untuk memancing reaksi lapar. Coba elu bayangin kalo pake WB yang salah, warna daging jadi abu-abu, seledri jadi biru, bayam jadi oranye, masih pengen makan? Jijik yang iya.

WB Auto
WB fluorescent 




















Nah terus kalo udah milih WB, inget ini, HINDARI nyampur aduk suhu warna yang berbeda waktu motrek. Misalnya nih udah siap pake available light (cahaya matahari), maka pastikan cahaya lampu neon di rumahmu udah dimatiin, jadi sumber cahaya hanya berasal dari 1 suhu warna saja. Nyampur sumber cahaya dengan suhu yang berbeda bikin WB kacau.

Satu lagi tentang WB, please pleaseeeee, jangan pake filter yang aneh-aneh buat makanan, filter retro misalnya. Ingat kalo cast warna kuning, ungu dan hijau adalah warna-warna yang bikin makanan terlihat mati di FP.


2.      Kualitas dan arah cahaya

Khusus untuk Food Photography, banyak ahli berpendapat bahwa backlight (cahaya dari belakang) adalah yang terbaik. Mengapa? Karena backlight memberi tekstur dan kedalaman pada gambar.

Caranya, tempatkan cahaya tepat di belakang (atau belakang agak atas) makanan yang akan difoto, sehingga elu akan lihat ada bayangan di bawah depan piring. Jangan takut dengan bayangan, tapi kalo mau mengurangi bayangan sah sah saja, tinggal gunakan Styrofoam atau kardus berlapis kertas timah (alufoil) sebagai reflektor, tempatkan di seberang sumber cahaya dan arahkan pantulannya ke sisi gelap makanan sehingga bentuk dan warnanya bisa terekspos dengan baik. (Selain Styrofoam atau kertas alufoil, coba gunakan cermin untuk efek pantulan yang lebih keras).    

Teknik backlight ini sangat ampuh terutama untuk makanan berkuah, berminyak atau yang memakai banyak saus. Cahaya dari belakang bikin makanan kinclong (ada pantulan di kuah yang membuat terlihat segar, efek shiny di daging panggang atau tumisan, aduh nasi mana nasiiiii). Teknik backlight juga tokcer diterapkan saat motrek makanan gelap seperti coklat, tinggal nambah reflektor untuk mengangkat warna coklat sehingga tidak jadi hitam dan bluwek.


3.      Pake Food Stylist dongs!

Seorang food stylist mengerti benar bagaimana cara mendandani makanan agar nampak fotogenik saat di depan kamera, mampu menentukan sudut pengambilan gambar yang tepat untuk mengekspos daya tarik makanan, pemilihan background, alas, properti, sampai menentukan umur makanan. Sebuah foto bisa jadi sangat indah, atau sebaliknya, jadi hancur hanya gara-gara styling yang asal-asalan.

Nah kalo elu ga bisa nyewa jasa food stylist karena persoalan budget (katakanlah lagi foto produk), maka silakan ubek-ubek buku tentang food styling. Tapi kalau keperluan fotomu cuma buat diuanggah di media sosial atau blog, silakan belajar sendiri cara menata makanan yang baik, karena kembali lagi, makin lama berlatih, makin terlatih kemampuanmu.

Beberapa buku tentang food styling favorit gue:

4.      Properti

Catet, garis bawahi, distabilo kalo perlu: FP itu tentang makanan, bukan properti. Nah lo. Nah lo. Nah lo.

Dalam Food Photography, properti bagaikan pedang bermata dua (kalo pedang bermata terbalik itu punya Battousai). Saat digunakan dengan tepat, properti dapat melengkapi makanan dan membantu menyampaikan cerita sebuah foto. Namun bila salah penggunaannya, properti malah bisa merusak atau mengalihkan fokus pemirsa dari makanan. (INGAT, kalo orang lebih tertarik dengan properti yang kamu pake, artinya kamu gagal motrek makanan tersebut. Jedaaaaarrr!!!).

contoh penggunaan properti (napkin) yg ga tepat,
 keramean, mata sibuk ke corak napkin

-        Pikirkan, pilih properti yang berfungsi sebagai elemen pendukung cerita fotomu, bukan inti cerita itu sendiri. Elu lagi motrek makanannya kan, bukan piringnya kan?

-        Properti bisa berfungsi sebagai penunjuk, mampu mengarahkan mata pemirsa ke Point of Interest

-        Sedotan, serbet, dan perintilan lain bisa dimanfaatkan sebagai pemandu ke makanan. Ingat kalo pengguna huruf latin membaca dari arah kiri ke kanan, jadi usahakan mengarahkan mata pemirsa dari arah tersebut

-        Properti memberi sentuhan kehidupan ke gambar yang statis, misalnya gunakan tangan seseorang sebagai properti dengan cara memegang atau menyajikan makanan (hands in frame)

Hands in frame memberi sentuhan kehidupan

-        Hindari properti dengan corak yang rame atau warna yang gonjreng (bakal jarang dipake krn ga selalu bisa masuk ke aneka konsep)

-        Ga usah keburu nafsu ngeluarin semua alat tempur elu dalam 1 foto. Motrek makanan ato pamer sih. Eeeeeeaaaaaaa to myself :/


-        Sebagai pemula, ga usah aneh-aneh, KEEP IT SIMPLE. Investasi properti warna putih aja udah cukup, hindari bentuk kotak, atau yang aneh2 yang berpotensi mengalahkan makanan

KEEP IT SIMPLE: pakai hanya apa yg dibutuhkan.
ga perlu botol susu, kotak eskrim, kaleng oreo



bersambung...

Thursday, April 2, 2015

Lime Pound Cake



Quick snap! An economic version of Lemon Pound Cake, using lime which is always available anytime in here and absolutely cheap. Get the recipe from my senior besties @anitajoyo at Instagram, and since then I could never move on. My husband brought it to his office and the next day his colleague order 3 big pan. That yum!! Nuff said.

Lime Pound Cake
Source: Martha Stewart via @anitajoyo

Ingredients:
200 gr butter
270 gr plain flour
3/44 cup buttermilk
Zest from 5 lime
1/3 cup lime juice
1,5 tsp salt
1/2 tsp baking powder
200 gr sugar
5 large eggs



Directions:
Preheat oven to 180 C degrees. Butter a bundt pan, dust with flour and tap out excess, set aside.
Whisk together flour, salt and baking soda. Stir together lemon juice, zest and the buttermilk.
Put butter and sugar in the bowl of an electric mixer fitted with the paddle attachment. Mix until pale and fluffy.
Add eggs, one at a time, beating well after each addition.
In low speed, alternate mixing in flour mixture and milk mixture, do not overmix.
Pour batter into prepared pan. Bake until a cake tester comes out clean, about 50-60 minutes.

Lime Glaze:
1 cup powdered sugar
4 tbsp lime juice

Stir together sugar and lime juice until you get the right consistency. it should be thick but pourable.
Pour the glaze on top of cool cake. Enjoy.

Homemade Chocolate Sprinkles


Every time I can make my own some store bought stuffs, i feel like a winner. I mean, seriously, I never thought before that we can make sprinkles, something we take for granted as store bought stuffs, aren't they? Well, not until I stumbled upon bravetart's page where the genius Stella share her secret recipe! And guess what, making sprinkles is as easy as eat them, only they need an overnight patience. But, it is so much worth to try!

Chocolate Sprinkles
Source: bravetart.com/recipes/ChocolateSprinklesGF

85 gr powdered sugar
150 gr cocoa powder
28 ml water
28 ml vanilla extract (too much for me, i'll try 10 ml next time)
1/2 tsp salt
1/2 tsp instant coffee





Directions:
Using a hand mixer fitted with a paddle attachment, combine all of the ingredients and beat on low speed until the powdered sugar has been thoroughly moistened. Turn the speed up to medium and beat until the mixture forms a smooth, homogenous paste. 
Scrape the bowl and beater down with a rubber spatula and beat for another minute to ensure no lumps remain. 
Transfer the chocolate paste to the piping bag and pipe into long rows on the parchment lined sheet pans.
Place the trays of chocolate somewhere safe from kids, pets, and debris and let air dry for 24 hours.
After twenty four hours, use a bench scraper to scrape up all the chocolate lines from the parchment by holding it at a 45° angle against the first row of sprinkles then gently pushing forward. Gather up the chocolate sticks into a bundle and chop them into sprinkle sized bits.
Store in an airtight container indefinitely.